FKKG Kabupaten Karawang

UPDATE SMADAV TERBARU 2014

Selasa, 01 April 2014 0 komentar

Assalamu 'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.
Baiklah postingan kali ini seputar Anti Virus Smadav. Mengapa saya posting tentang Antivirus Smadav 2014 ini. SMADAV Rev. 9.7.1 (Smadav Rev. 9.7) tanggal 12 Maret 2014. Ternyata sudah Update ada yang baru nih yaitu SMADAV Rev. 9.8.1 tanggal 23 Agustus 2014

Sebenarnya sudah lama saya menggunakan Antivirus Smadav, dari Smadav Rev. 8.4, Smadav Rev. 8.5 sampai Smadav Rev. 9.5, Smadav Rev. 9.6 dan sekarang Smadav Rev. 9.7.1 selain Antivirus-antivirus yang lain di Komputer dan di Laptop saya pribadi yang terinstal, semuanya yang Free xixiiii. Biasanya setiap Online di Facebook maupun di Blog saya sering dapat informasi terbaru dari sobat blogger semuanya tentang beberapa Antivirus yang Update, termasuk Antivirus Smadav. Tapi karena beberapa bulan ini banyak kesibukan di dunia offline (gaya dikit boleh kan hahaa) jadi sering ketinggalan berita atau informasi. Dan saya juga mohon maaf kepada sobat semuanya kalau balas kunjungannya sering terlambat. Maaf yaaahh sobat semuanya. 

Cerita ini bermula ketika.... (waduh.. hujaaannnnn... ntar yaaah bocor tempat komputernya..hehee... pindah ke Laptop dulu ....). Baiklah kita lanjut lagi ceritanya (Bukan Dongeng lhoo...). Kisah ini bermula ketika Flasdisk saya mengcopy file dari laptop temen saya, awalnya sih gak apa-apa dan normal-normal saja. Tapi begitu Flasdisk dimasukan ke Laptop File dan Folder yang ada di Flasdisk gak ada alias hilang berganti dengan shortcut dan recycle. Sayang Screenshootnya gak bisa saya tampilkan disini hehee... mungkin sobat ada yang pernah mengalaminya ? ...

Akhirnya Flasdisk saya Format terus di Scan, Alhamdulillah sepertinya sudah bersih, tapi ketika di masukan ke Komputer autorun nya kena block dan terdeteksi oleh Smadav masih ada virus. Saya Format lagi aja. Tapi tetep saja begitu terus. Akhirnya ada saran dari temen, coba Antivirusnya di Update dong, termasuk Smadav nya juga. Dan ternyata Smadav dan Antivirus yang lain belum Update yang terbaru hihiiii. Nah baru tahu bahwa SMADAV telah merilis Versinya yang baru SMADAV Rev. 9.7 tanggal 12 Maret 2014, SMADAV Rev. 9.8.1 tanggal 23 Agustus 2014, lumayan hampir seminggu lebih. Alhamdulillah akhirnya Flasdisk setelah di format tidak terdeteksi virus lagi.

Berdasarkan Informasi dari Website Smadav, ada 4 fungsi utama dari Antivirus SMADAV, antara lain :

1). Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya  !
Sebagian besar antivirus tidak bisa di-install bersama antivirus lainnya, itu karena antivirus tersebut didesain untuk proteksi utama pada komputer Anda. Berbeda dengan Smadav, Smadav adalah tipe antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan, sehingga 100% kompatibel dan dapat berjalan dengan baik walaupun sudah ada antivirus lain di komputer Anda, dalam hal ini Smadav berfungsi sebagai lapisan pertahanan kedua. Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut. Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya. Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah ter-install di komputer Anda akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

2). Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)
USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar di Indonesia. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan total virus yang menyebar via USB Flashdisk. Misi Smadav adalah 100% tidak ada lagi infeksi virus dari flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav. Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut

3). Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)
Smadav sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya yang biasanya melakukan update per minggu bahkan per hari. Smadav biasanya melakukan update hanya sebulan sekali (monthly). Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting.

4). Cleaner dan tools untuk membersihkan virus
Smadav juga mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer dan memperbaiki registry yang diubah oleh virus tersebut. Antivirus lainnya biasanya tidak melakukan pembersihan registry sehingga komputer belum kembali normal setelah dibersihkan antivirus tersebut. Banyak tools pendukung yang disertakan di Smadav sebagai senjata untuk melakukan pembersihan virus. Catatan : Tidak semua tipe virus bisa dibersihkan Smadav, Smadav saat ini masih belum mampu membersihkan tipe virus penginfeksi program atau tipe rootkit (misalnya : virus Ramnit, Sality, Alman, Virut, dll.) karena jenis virus ini sudah merusak sebagian besar file program Anda. Fokus kami saat ini adalah pembersihan tuntas untuk tipe virus selain dua tipe tersebut (misalnya : virus WormShortcut, Serviks, MSO, Brontok, dll.)
ANTIVIRUS SMADAV - SDN Medangasem III
Silahkan kunjungi Website Smadav nya biar lengkap
Telah UPDATE SMADAV Rev. 9.8.1 tanggal 23 Agustus 2014
Demikian, semoga bermanfaat. kalau ada salah kata dalam penyajiannya mohon maaf ya.

Wassalamu 'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.
Share this article :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN.
MOHON KOMENTAR DENGAN SOPAN DAN JELAS.
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA.

 
Support : Belajar dan Berbagi | FKKG Kabupaten Karawang
Copyright © 2011. FKKG KABUPATEN KARAWANG
Created by : FKKG Kabupaten Karawang
Forum Kelompok Kerja Guru Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia